PERALATAN WAJIB PADA PRODUKSI VIDEO LIVE STREAMING | by LABPRO.ID

Assalamualaikum Wr. Wb

Live streaming sejatinya adalah pekerjaan yang mudah apabila kita sudah memahaminya. Cara kerja live streaming yaitu dengan menangkap dan mengkonversi data audio visual dengan menggunakan hadware untuk dikirim ke komputer, kemudian data tersebut diolah menggunakan software untuk dijadikan output ke platform digital. Dengan begitu, peralatan live streaming seperti hadware dan software harus berkualitas. Di artikel ini, kami akan membahas peralatan apa saja yang dibutuhkan pada video live streaming.

CAMERA

Kamera merupakan aspek terpenting dalam memproduksi live streaming. Kamera sangat mempengaruhi terhadap hasil video saat memproduksi live streaming. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan penonton nantinya. Tidak semua kamera cocok digunakan untuk keperluan live streaming, sehingga kamu harus benar-benar memilihi kamera yang tepat.

Kamu bisa menggunakan kamera camcorder, mirrorless atau webcam. Untuk kebutuhan profesional, kamera Camcorder merupakan pilihan utama yang nggak bisa ditawar-tawar lagi. Sedangkan mirrorless desain lebih untuk kebutuhan photography & videography (bukan shooting), tapi Mirrorless bisa menjadi opsi alternatif apabila kamu ingin melakukan live stream yang tetap terlihat profesional namun dengan budget yang lebih rendah. Kamera webcam adalah kamera alternatif terakhir apabila menurut kamu kamera Camcorder dan Mirrorless masih terlalu tinggi budgetnya.

SWITCHER

Switcher akan digunakan apabila kamera live streaming kamu lebih dari satu. Switcher berfungsi untuk perpindahan atau transisi antar shot satu ke shot lainnya atau lebih simpelnya perpindahan frame view dari sudut pandang A ke sudut pandang B agar terlihat lebih dengan smooth. Selain itu, Switcher juga berfungsi juga sebagai capture card. Jadi apabila sudah menggunakan switcher, kamu tidak perlu lagi menggunakan capture card.

PERLENGKAPAN AUDIO

Audio merupakan element terpenting dalam live streaming. Bahkan, beberapa orang menganggap bahwa kualitas audio dianggap lebih penting daripada kualitas streaming video. Peralatan audio yang harus kamu miliki saat live streaming adalah microphone, audio monitor dan mixer.

Saat live streaming, tentunya kamu harus menggunakan microphone agar suara kamu dapat didengar jelas oleh audience. Kamu bisa menggunakan mic wireless, wire mic, ataupun clip on mi. Audio monitor ditujukan untuk kamu selaku penyelenggara agar dapat mendengar sekaligus memantau yang dihasilkan emnggunakan headphone, speaker atau in ear monitor. Kemudian untuk mixer berfungsi sebagai pengolah data audio. Jadi, hasil suara dari microphone/audio monitor akan ditangkap oleh mixer/soundcard, lalu data tersebut dikirimkan ke computer untuk diolah kembali menjadi output.

LIGHTING

Lighting merupakan salah satu element terpenting dalam live streaming. Lighting digunakan agar gambar yang di hasilkan tidak gelap atau lebih cerah. Sehingga output video yang dihasilkan membuat audience merasa nyaman. Saat live streaming, Lighting LED biasanya sering digunakan, namun untuk profesional kebanyakan menggunakan LED Fresnel.

KOMPUTER

Komputer berperan sebagai pengola data baik video maupun audio yang dikirim dari switcher dan mixer. Komputer adalah salah satu element paling penting yang memiliki tugas yang berat saat live streaming. Maka dari itu, dibutuhkan spesifikasi yang cukup baik untuk memproses live streaming.

INTERNET

Pada saat live streaming, internet pasti sangat dibutuhkan. Internet diperlukan untuk mengupload data live streaming sehingga bisa dinikmati audience. Bahwa tolak ukur kecepatan internet untuk kebutuhan live stream bukan dari seberapa cepat kemampuan downloadnya, melainkan seberapa cepat dan stabil kemampuan uploadnya. Kami menyarankan agar kamu menggunakan fiber optic seperti Indihome atau provider fiber optic lainnya seperti Myrepublic, MNC, Firstmedia, atau sebagai alternatif internet, kamu dapat menggunakan MiFi Internet.

SOFTWARE BROADCAST

Saat live streaming, kamu memerlukan software broadcast sebagai software pengolahnya. Software berfungsi untuk mengolah semua data video dan audio yang dikirim oleh switcher dan mixer di komputer. Software broadcast akan mengatur output live streaming akan dikirim ke platform digital mana. Software broadcast ini juga yang mengatur tampilan output seperti mengatur mengedit green screen, menambahkan layer logo, split view, dll. Kami menyarankan agar kamu menggunakan software OBS Studio atau vMix.

Demikianlah beberapa peralatan pada live streaming versi Labpro. Semoga bermanfaat Solabs.

Kamu tahu Labpro? Labpro merupakan rumah produksi yang terintegrasi dengan baik, mengutamakan kualitas, jaringan bisnis dan layanan yang akan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi acara kamu. Labpro dengan senang hati akan membantu kamu untuk mendokumentasikan dan memproduksi live streaming di segala acara kamu. Nikmati juga, Jasa Video Kreatif Company Profile dari kami.

Kamu dapat menghubungi kami melalui nomor +62812 1063 9301 (Call/SMS/WhatsApp). Labpro siap melayani permintaan dan menyukseskan acara kamu. Yuk gunakan Jasa Live Streaming dari kami !

Wasalamualaikum Wr. Wb.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *