Apa Itu Live Streaming Video?

Assalamualaikum Wr. Wb

Dikondisi pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya di rumah untuk melakukan kegiatan secara online atau daring. Tentunya hal ini mendorong insan kreatif untuk berfikir bagaimana cara memanfaatkan internet sebagai wadah untuk mendapatkan audience. Salah satunya caranya melalui live streaming video.

Saat ini live streaming video menjadi semakin popular di masyarakat. Berbagai platform media sosial juga mengenalkan fitur live streaming dan mulai menerapkan fitur ini. Dengan live streaming, tentunya kamu bisa terhubung secara langsung dengan audience. Untuk tau lebih lanjut tentang pengertian live streaming, yuk simak terus artikel ini ya!

APA ITU LIVE STREAMING?

Live streaming adalah sebuah konten video yang disiarkan secara langsung melalui internet, dimana dalam prosesnya kamu tidak perlu melakukan editing atau post-production sehingga audience bisa menikmati pada saat itu juga. Dengan Live streaming, kamu akan memperoleh keterlibatan penonton hingga 10x lebih besar dibandingkan prerecord streaming. Selain itu, live streaming bersifat interaktif, sehingga kamu dan audience bisa langsung berinteraksi secara langsung dengan meninggalkan komentar yang tersedia di layar secara real-time.

SIAPA SAJA YANG MEMBUTUHKAN LIVE STREAMING?

Live streaming adalah tipe streaming yang menampilkan audio atau video yang ditayangkan secara langsung via Internet. Pasti, sebagian besar dari kamu ada yang memanfaatkan konten Live Streaming sebagai ajang produktivitas diri hingga mencari cuan. Dari sekian banyaknya manfaat live streaming, siapa aja sih yang membutuhkan live streaming?

  1. KAUM PELAJAR

Seperti yang kalian ketahui, sejak pemerintah menetapkan pembelajaran secara daring membuat kaum pelajar dan pengajar harus menghadapi berbagai tantangan demi berlangsungnya pendidikan di negeri ini. Pendidikan sangatlah penting untuk generasi penerus bangsa. Live streaming kini bisa menjadi solusi untuk menghadapi tantangan tersebut. Selain menghemat waktu, pembelajaran menggunakan metode live streaming membuat pengajar menjadi mudah menyampaikan materi dan memberi kemudahan untuk berkomunikasi antara Guru, Murid dan Orang Tua murid.

  • KORPORASI

Saat ini banyak perusahaan sudah mulai menyadari pentingnya melakukan kegiatan live streaming. Live streaming bisa dibilang menjadi strategi yang tepat untuk melakukan kegiatan marketing dan branding saat ini. Strategi live streaming mempunyai banyak manfaat untuk mengajak audiens kamu, agar tertarik dengan produk atau layanannya kamu. Salah satu manfaatnya yaitu menjaga hubungkan kamu dengan audience, menjangkau audience baru, mengetahui keinginan audience dan meningkatkan brand awareness.

  • PENYELENGGARA EVENT

Live Streaming saat ini mungkin jadi solusi yang cukup baik bagi penyelenggara event untuk memenuhi kebutuhan penggemar, begitu juga sebaliknya. Dengan adanya Live Streaming tentu membuat energi baru di kala event offline tak bisa berjalan karena pembatasan di masa pandemi covid-19. Biasanya penyelenggara event melaksanakan Live Streaming secara langsung di platform berbagi video seperti YouTube, IG TV/LIVE, Facebook Live dan Streaming video lainnya. Acara Wisuda Virtual, webinar, virtual wedding dan yang lainnya, menjadi salah satunya acara yang saat ini laris menggunakan jasa live streaming video.

DIMANA SAAT MELAKUKAN LIVE STREAMING?

Live streaming dapat kamu lakukan dimana saja, melalui device seperti komputer atau handphone. Jika kamu akan melakukan live streaming di dalam ruangan, kamu harus memperhatian pencahayaan ruangan.

Namun, dalam acara formal seperti wisuda, wedding virtual, product launching kamu harus menggunakan layanan penyedia jasa live streaming untuk menentukan tempat yang cocok saat live streaming. Biasanya penyedia jasa live streaming, akan menggunakan studio jika tempat customer mereka dirasa kurang cocok.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN LIVE STREAMING?

Pada dasarnya, tidak ada waktu yang tepat untuk melakukan live streaming. Namun, jika kamu akan melakukan live streaming melalui platform YouTube, kamu harus menganalisis performa YouTube lewat YouTube Analytics untuk dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk memulai live streaming. Kamu dapat menjangkau audience yang lebih luas jika kamu memposting sebuah informasi di media sosial sebelum melakukan live streaming.

Berdasarkan penelitian dari Oberlo, setiap media sosial memiliki waktu yang berbeda untuk mengupload konten. Misalnya instagram, waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten pada pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB. Jika pada malam hari, biasanya pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB. Dimana waktu tersebut merupakan waktu istirahat di siang dan malam hari setiap orang. Hari rabu, menjadi hari yang memiliki engagement tertinggi untuk mengupload sebuah konten.

KENAPA PERLU MELAKUKAN LIVE STREAMING?

Nah solabs, tentunya melakukan live streaming adalah salah satu strategi digital marketing yang bisa membantu kamu untuk menjangkau audience lebih banyak serta mendapatkan engagement yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu perlu melakukannya:

  • MEMBERIKAN KONTEN YANG FRESH

Bagi kamu seorang insan kreatif, kamu bisa memanfaatkan live streaming sebagai sebuah promosi untuk memberi konten secara real-time. Contohnya dengan membuat konten review produk terbaru kamu.

Bagi sebuah perusahaan, kamu bisa menggunakannya untuk berbagi konten yang bersifat “behind-the-scene” atau di balik layar. Dengan membagikan kegiatan di balik layar, kamu bisa mendapatkan audience baru dan menjadi lebih dekat dengan audience serta customer kamu.

  • MEMBANGUN BRAND PERSONALITY DAN ENGAGEMENT

Dengan live streaming, kamu juga bisa meningkatkan engagement dan bisa melakukan pendekatan dengan Audience melalui sesi Q&A atau tanya jawab secara langsung melalui live streaming.

Jadi, audience kamu tidak perlu menunggu lagi jawabannya karena kamu bisa langsung menjawab melalui video live streaming. Tentunya dengan melibatkan audience seperti ini, dapat membuat audience semakin mendukung brand dan produk kamu.

  • MEMBANGUN BRAND AWARENESS DAN AUDIENCE

Ketika kamu melakukan live streaming, tentunya tidak hanya menarik perhatian atau membangun kedekatan dengan audience. Tetapi, kamu juga bisa menjangkau audience baru yang mungkin tidak bisa dilakukan dengan cara marketing tradisional.

Hal ini menunjukkan bahwa audience kamu senang menonton live streaming yang kamu buat dan cenderung membagikan konten ke teman-teman mereka sehingga kamu akan mendapat audience yang baru.

BAGAIMANA PERSIAPAN SEBELUM MELAKUKAN LIVE STREAMING?

Ketika kamu ingin memulai live streaming, kamu harus mempersiapakan berbagai hal supaya audience kamu betah berlama lama di acara live streaming kamu buat. Lalu, apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan live streaming? Di bagian ini kami akan membahas bagaimana persiapan yang harus kamu lakukan sebelum memulai live streaming.

  1. MENENTUKAN PLATFORM

Hal pertama yang harus kamu persiapakan adalah menentukan platform. Saat ini sudah banyak media sosial dan website yang menerapkan fitur live streaming. Seperti Instagram Live, Facebook Live, Zoom, Google Meet YouTube dan masih banyak lagi. Untuk acara formal sepeti Wisuda, Virtual Event, dan Virtual Wedding, biasanya menggunakan platform Youtube, Zoom atau Google Meet. Jadi, kamu bisa menentukan platform mana yang cocok dengan konsep acara kamu.

  • PERSIAPAN YANG MATANG

Nah, yang kedua adalah melakukan persiapan yang matang. Meskipun spontanitas adalah salah satu daya tarik live streaming, tetapi alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan beberapa hal seperti mengatur jadwal live streaming, mengadakan sesi tanya jawab, dan jangan membatasi waktu live streaming.

Berbeda dengan live streaming pada acara formal, seperti Wisuda, Virtual Event, dan Virtual Wedding, yang tidak membutuhkan persiapan tanya jawab dan harus membatasi waktu live streaming. Namun, persiapan yang mengatur jadwal live streaming perlu dilakukan dan dikordinasi dengan pihak penyelenggara.

  • MEMPROMOSIKAN LIVE STREAMING

Supaya dapat menjangkau audience yang lebih luas, jangan lupa untuk mempromosikan live streaming kamu. Contoh seperti acara Live Streaming Seminar atau Webinar, kamu harus menyiapkan topik dan mengundang pembicara yang dapat menarik banyak orang untuk menonton.

Lalu, kamu harus melakukan iklan digital sebelum live streaming dimulai, melalui media sosial untuk mencari peserta sebanyak mungkin dengan mempromosikan topik dan siapa saja pembicara yang akan hadir.

  • BERIKAN KONTEN EKSKLUSIF

Cari ini merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk mencari peserta. Dengan menawarkan mereka berbagai konten eksklusif,  tentunya akan mendapatkan audience lebih banyak lagi. Berbagai cara dapat kamu lakukan seperti memberikan diskon khusus untuk pembelian produk bagi peserta live streaming, sebuah informasi yang hanya bisa didapatkan jika peserta melakukan registrasi, sebuah informasi dari pembicara yang ahli dan yang jarang dibahas di luar sana dan lain sebagainya.

  • BEKERJA SAMA DENGAN PENYEDIA JASA LIVE STREAMING

Buat kamu yang tidak ingin ribet, kamu dapat memakai jasa live streaming. Kamu dapat menghemat waktu dan tidak perlu menyiapakan seperti yang kami bahas di atas. Dengan bekerja sama dengan jasa live streaming, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan salah satunya seperti meningkatkan engagement perusahaan dan bisnis kamu.

Untuk kamu yang ingin melakukan live streaming acara formal sepeti wisuda, webinar virtual wedding, dan virtual event. Mau tidak mau, kamu harus menggunakan jasa video live streaming. Karena acara tersebut hanya bisa dikerjakan dengan seseorang yang sudah profesional. Jasa live streaming akan sangat membantu kamu untuk menghemat biaya, dan tenaga. Selain itu kamu juga tidak perlu memikiran platform apa yang akan digunakan dan peralatan apa yang harus dipersipakan, karena semua itu sudah disiapkan oleh penyedia jasa live streaming.

Solabs, itu tadi penjelasan tentang pengertian live streaming. Saat ini telah banyak production house yang menyedian jasa live streaming, seperti di acara Wisuda, Seminar, Event Outdoor / Indoor, maupun acara Training Perusahaan namun kurang peduli dengan kualitas konten yang mereka sajikan.

Kami Labpro dengan senang hati akan membantu kamu untuk mendokumentasikan kebutuhan live streaming disegala acara kamu, sepeti acara Wisuda, Webinar, Event Outdoor / Indoor, Training Perusahaan, dan Virtual Wedding. Jika membutuhkan info lebih lanjut, bisa langsung hubungi +6281210639301 (Call/SMS/WhatsApp) atau email di relations@labpro.co.id. Yuk gunakan Jasa Live Streaming dari kami !

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu. See you!

Wasalamualaikum Wr. Wb.

5 Comments

  • Dimas Fikri Aliyana 10/24/2021

    Sangat bermanfaat kak 😇

    Reply
    • admin 11/13/2021

      terima kasih kak, mohon doanya untuk kita selalu bisa berdakwah melalui media audiovisual

      Reply
  • Fitlab 11/13/2021

    Sangat bermanfaat, terima kasih Labpro shareingnya. semoga konten bagus seperti ini bisa terus diposting.

    Reply
    • admin 11/13/2021

      terima kasih kak, mohon doanya untuk kita selalu bisa berdakwah melalui media audiovisual

      Reply
  • yasin 01/20/2022

    jazakumulloh khair mimin, semoga karyanya istiqomah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *