5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam pembuatan TVC Ramadhan
Assalamualaikum Wr. Wb.
TVC atau television commercial adalah salah satu media pemasaran melalui video yang dikemas dengan rangkaian cerita yang menarik. Untuk menyambut bulan puasa tahun ini, kamu bisa memanfaatkan TVC Ramadhan sebagai alat promosi bisnis yang sedang kamu kembangkan.
Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa saja yang harus kamu perhatikan ketika membuat TVC Ramadhan. Disimak yuk.
- Alur Cerita

Bukan hanya film atau sinetron yang membutuhkan alur cerita. Iklan TVC juga harus memperhatikan alur cerita, terlebih lagi iklan yang akan tayang pada bulan Ramadhan. Bukan hanya faktor komersial yang harus diperhatikan, namun juga cerita yang cocok ditampilkan pada bulan suci Ramadhan.
Tema yang dipilih sebaiknya bernuansa religi dan tentang kebaikan. Alur cerita yang sesuai dengan keadaan masyarakat akan lebih mudah menyentuh hati masyarakat.
- Kru (Crew)
Alur cerita dapat berjalan dengan baik apabila ditangani oleh kru produksi yang mumpuni. Jumlah kru dan kemampuan kerjanya akan mempengaruhi durasi shooting sebuah TVC. Apabila jumlah kru yang dimiliki sedikit sedangkan cerita dibuat cukup rumit, maka akan memakan banyak waktu dalam proses shooting. Maka dari itu, jumlah kru harus disesuaikan dengan tingkat kesulitan sebuah cerita.
- Talent

Sebagai orang yang tampil di depan kamera, seorang talent harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mampu membawakan cerita dengan apik sehingga pesan dalam sebuah cerita dapat tersampaikan dengan baik. Talent dapat sangat mempengaruhi hasil akhir sebuah iklan. Semakin baik sebuah talent melakoni perannya maka kualitas iklan akan semakin meningkat.
- Lokasi
Pemilihan lokasi menjadi suatu yang penting dalam sebuah cerita. Lokasi yang bagus dan sesuai dengan isi cerita dapat meningkatkan kualitas cerita dan iklan itu sendiri. Lokasi juga dapat mempengaruhi suasana dan pesan yang ingin disampaikan. Maka, lakukanlah recce terlebih dahulu sebelum melakukan shooting, supaya dapat sesuai dengan cerita yang ingin disampaikan.
- Desain Visual
Desain visual video sangat mempengaruhi penilaian penonton terhadap sebuah TVC. Hal ini dikarenakan desain visual tersebut mencakup banyak hal yang tampil di depan kamera, misalnya saja yaitu penata artistik, kostum, rias, rambut, dan grafis yang ada di dalam video iklan.
Semua hal yang tampak pada kamera harus sesuai dengan konsep dan pesan cerita yang akan disampaikan. Tampilan desain visual inilah yang menjadi gerbang utama penonton tertarik atau tidak dengan sebuah iklan.

Semoga lima hal di atas dapat membantu kamu memproduksi TVC Ramadhan. Berhubung Ramadhan akan segera tiba, yuk, buat TVC dari sekarang bersama Labpro. Kamu bisa langsung hubungi +62812 1063 9301 (Call/SMS/WhatsApp) atau email di relations@labpro.co.id Mari bersinergi menciptakan karya untuk Ramadhan nanti.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
0 Comments